iso 9001 2015

ISO 9001 2015 Penerapannya Bagi Perusahaan

ISO 9001 2015 Penerapannya Bagi Perusahaan

iso 9001 2015

ISO 9001 2015 adalah keluarga dari sistem standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu organisasi dalam memastikan bahwa organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholdernya serta dapat memenuhi persyaratan Perundangan, hukum dan peraturan yang terkait dengan produk atau Jasanya.  ISO 9001 berkaitan erat dengan dasar dasar dari sistem manajemen mutu,

badan sertifikasi adalah pihak ketiga yang memberikan konfirmasi secara independen yang menyatakan bahwa organisasi sudah memenuhi persyaratan penerapan ISO 9001. ada Lebih dari satu juta perusahaan atau organisasi di seluruh dunia yang telah disertifikasi, dan menjadikan  penerapan ISO 9001 salah satu alat manajemen yang paling banyak digunakan di dunia saat ini.

ISO 9001 2015 adalah standard  dokumen (Standard Persyaratan) yang mencantumkan persyaratan yang harus dijalankan oleh organisasi dan harus dijaga implementasinya , Ada beberapa dokumen standard  yang berbeda dalam family ISO 9000 , tapi hanya  ISO 9001 yang bisa disertifikasi. ISO 9001 adalah standar terbaru dari Sistem Manajemen Mutu ini,  dan “2015” adalah  tahun revisi terbaru dari sistem Manajemen Mutu itu.

Transformasi penerapan ISO 9001 2008 sistem manajemen mutu ke ISO 9001 2015

Penerapan ISO 9001 sistem manajemen mutu terasa lebih ringan di jalankan oleh organisasi atau perusahaan. ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ISO 9001 diantaranya adalah :

  1. Tidak ada Prosedur Wajib dalam klausal atau standard ISO 9001, Sehingga organisasi dapat menyatukan prosedur atau memasukan prosedur ke dalam manual mutu, sehingga nantinya dokumen akan lebih ringkas dan praktis.
  2. Menyatukan Dokumentasi dan Record dalam satu istilah yaitu Informasi Terdokumentasi hal ini tentu saja akan memudahakan terhadap pengendalian informasi terdokumentasi.
  3. Menonjolkan Leadership dalam implementasi ISO 9001 2015, Leadership menjadi salah satu pasal yang berdiri sendiri dalam Standard ISO 9001 2015, Ya, Para  Leader dalam organisasi dituntut untuk lebih bisa membangun dan mengimplementasikan SMM yang dibuat oleh organisasi. dengan memberikan contoh nyata, dan terlibat langsung dalam upaya implementasi SMM yang efektif dan efisien.
  4. dan masih banyak keunggulan lain dari Seri ISO 9001 2015

Prinsip-prinsip Sertifikasi Penerapan ISO 9001 2015

Sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas Internasional berdasarkan Sertifikasi penerapan ISO 9001 2015 terwujud berlandaskan prinsip-prinsip sertifikasi Sistem Manajemen Mutu atau Sistem Manajemen Kualitas.

Prinsip-prinsip tersebut dapat digunakan oleh manajeman senior untuk meningkatkan kinerja di perusahaan. Prinsip-prinsip ini diterapkan berdasarkan pengalaman dan pengetahuan dari para ahli internasional yang ikut berpartisipasi dalam komite teknik ISO/TC 176. Komite tersebut memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan standar Sertifikasi ISO 9001 2015.

Prinsip-prinsip manajemen mutu yang menjadi dasar atau landasan penyusunan Sertifikasi penerapan ISO 9001 2015, antara lain sebagai berikut :

1. Prinsip pertama : Fokus Pelanggan

Yaitu dengan memberikan kebutuhan-kebutuhan melebihi harapan konsumen. Hal tersebut bertujuan untuk mencapai kepuasan pelanggan.

2. Prinsip kedua : Kepemimpinan

Setiap pimpinan yang ada di perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap target yang diitentukan perusahaan. Untuk mencapai target, harus melakukan pemberdayaan dengan baik.

3. Prinsip ketiga : Keterlibatan Orang Lain

Memberikan kepuasan pada customer akan lebih mudah tercapai jika didukung oleh seorang yang ahli. Semua tingkatan di perusahaan diberdayakan dan dilibatkan dengan baik.

4. Prinsip keempat : Pendekatan Proses Bisnis

Sistem manajemen mutu pada dasarnya didasarkan proses murni yang ada di perusahaan dengan melibatkan semua pihak yang terkait.

5. Prinsip kelima : Peningkatan Terus-Menerus

Perusahaan yang bertahan dalam persaingan dunia industri ialah perusahaan yang fokus melakukan improvement.

6. Prinsip keenam : Pendekatan Faktual dalam Pembuatan Keputusan

Yaitu dengan membuat keputusan berdasarkan data dan  fakta yang ada.

7. Prinsip ketujuh : Hubungan Pemasok yang Saling menguntungkan

Mengelola hubungan yang baik antar pihak-pihak di perusahaan misalnya pemasok, karyawan, mitra bisnis, dan lainnya akan mempertahankan perusahaan dengan kesuksesannya dan mampu bersaing.

Pendaftaran sertifikasi Penerapan ISO 9001

Proses registrasi berikut dengan tiga langkah sederhana:

  1. Aplikasi permohonan pendaftaran dilakukan dengan melengkapi kuestioner SMM
  2. Asesmen terhadap penerapan ISO 9001 yang dilakukan oleh satu badan sertifikasi – dimana suatu organisasi haruslah dapat menunjukkan bahwa manajemen mutu yang dilakukannya telah benar-benar berjalan secara minimal dalam jangka waktu tiga bulan sesuai seluruh urutan (siklus) dari audit internal
  3. Permohonan pendaftaran disetujui oleh satu badan sertifikasi, berikut tahapan selanjutnya harus dilakukan oleh klien. Program 6 bulanan atau 12 bulanan (tahunan) kunjungan audit pengawasan (surveilans) haruslah benar-benar dilaksanakan serta proses sertifikasi ulang setelah tiga tahun masa berlakunya sertifikasi ISO 9001 tersebut.

Manfaat Penerapan ISO 9001 2015

Sertifikasi penerapan ISO 9001 akan memberikan manfaat maksimal kepada perusahaan Anda jika perusahaan anda menjalankan penerapan ISO 9001 dengan cara yang benar dan praktis. dengan implementasi yang benar ini, akan memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang diadopsi, bekerja untuk meningkatkan bisnis dan bukan hanya satu set prosedur yang disimpan dan dipajang saja, dan dipakai pada saat ada audit.

Dengan mengadopsi pendekatan proses yang baik dengan praktek kerja lebih efisien dan berfokus pada tujuan bisnis organisasi, Anda akan mencapai sebuah sistem yang akan membantu dan mendukung organisasi Anda, dalam meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

Sertifikasi penerapan ISO 9001 2015 sistem manajemen mutu tidak hanya cocok untuk perusahaan besar tapi juga usaha kecil yang akan mendapatkan keuntungan dari mengadopsi Sistem Manajemen Mutu yang efisien yang akan menghemat waktu dan biaya, meningkatkan efisiensi dan pada akhirnya meningkatkan hubungan pelanggan yang saling menguntungkan

Berikut ini adalah manfaat penerapan ISO 9001 jika kalian menerapkannya di Perusahaan:

  • Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
  •  Jaminan Kualitas Produk dan Proses
  •  Meningkatkan Produktivitas perusahaan
  •  Meningkatkan motivasi, moral & kinerja karyawan
  •  Sebagai alat analisa kompetitor perusahaan
  •  Meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok
  •  Meningkatkan cost efficiency & keamanan produk
  •  Meningkatkan komunikasi internal
  •  Meningkatkan image positif perusahaan
  •  Sistem terdokumentasi
  •  Media untuk Pelatihan dan Pendidikan

Memaksimalkan Manfaat Penerapan ISO 9001:2015 Bagi Perusahaan

Berikut ini bagaimana cara memaksimalkan manfaat penerapan ISO 9001:

  • Kerjasama/ Teamwork semua karyawan dan pimpimnan
  • Support dari Top ManagementKesamaan Tujuan penerapan iso 9001 2015
  • Komitment menjalankan apa yang sudah disepakati
  • Tindakan perbaikan dan peningkatan berkelanjutan..

Untuk lebih memahami tentang penerapan ISO 9001 sistem manajemen mutu anda dapat mengikuti Training yang MK Training selenggarakan. untuk mendapatkan informasi training anda bisa menghubungi kontak dibawah ini.

Kontak MK Training: Bukit Cimanggu City Blok S No. 33A Bogor, phone : 0812-1123-3099, whatsapp 0812-1123-3099, email : info@mktraining.co.id

Tinggalkan komentar

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?