Sustainability, Manfaat Bagi Bisnis dan Brand

Secara umum, istilah Sustainability digunakan dalam lingkup lingkungan, artinya menggunakan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan saat ini tanpa membahayakan kebutuhan masa depan. Faktanya, kata Sustainability mencakup beberapa faktor seperti:
Lingkungan, ekonomi, masyarakat, bisnis dan lain-lain. Pada saat yang sama, apakah cukup menghasilkan keuntungan finansial dalam bisnis? Sama sekali tidak. Kami berharap bisnis kami dapat bertahan lama dan terus berkembang. Apa itu mungkin? Tentu saja! Bagaimana? Pertama kita perlu mengetahui apa itu Sustainability dalam bisnis, karena itu adalah kunci Sustainability perusahaan. Seperti apa pembangunan ekonomi berkelanjutan itu? Simak penjelasan berikut!

Apa itu Sustainability dalam bisnis?

Pentingnya sustainability dalam bisnis. Sustainability memiliki arti keberlanjutan dan business berarti bisnis. Jika melihat dari kacamata bisnis, ungkapan sustainability business diartikan sebagai bisnis berkelanjutan, Sustainability bisnis yang dapat dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, baik secara musiman maupun tahunan. Juga pandangan Agustina et al. (2022) adalah bahwa bisnis pembangunan berkelanjutan adalah bisnis yang dikelola secara profesional, visioner, dikelola dengan kuat sehingga bisnis bertahan dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Tujuan sustainability dalam bisnis?

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang bertahan lama dengan berbagai inovasi dan pembaruan. Sudah pasti menjalankan bisnis yang berkelanjutan adalah impian setiap operator. Perusahaan yang tahan lama selalu ada karena juga menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Untuk mencapai perusahaan yang berkelanjutan, seseorang tidak boleh hanya fokus pada satu pilar. Misalnya, perusahaan yang melakukan green business hanya berfokus pada lingkungan, atau perusahaan yang melakukan tanggung jawab sosial hanya pada aktivitas sosialnya. Selain menghasilkan keuntungan, pengusaha juga harus memperhatikan aspek ekologi dan sosial ketika menerapkan konsep bisnis berkelanjutan. Bisnis memiliki kewajiban hukum untuk melestarikan dan melindungi lingkungan, yang terkait dengan ketersediaan sumber daya untuk bisnis mereka. Jika sumber daya tersedia untuk waktu yang lama, perusahaan dapat terus berproduksi. Namun, ketika sebuah perusahaan mengekstraksi sumber daya alam dalam jumlah besar, setidaknya tidak menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat sekitar. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk hidup berdampingan dengan perusahaan, karena kepercayaan sama pentingnya dengan keuntungan dan aspek lingkungan yang harus diperhatikan oleh perusahaan.

3 alasan mengapa sustainability penting dalam bisnis

Mengapa perusahaan menerapkan sustainability ? Penerapan tanggung jawab perusahaan tidak hanya penting bagi perusahaan besar, tetapi pengembangan perusahaan kecil harus mempraktikkannya dalam bisnis mereka. Mendapatkan kepercayaan dalam sebuah perusahaan sangatlah berharga. Di atas segalanya, kepercayaan yang diberikan konsumen pada perusahaan. Ada tiga alasan utama mengapa sustainability penting dalam bisnis, antara lain:

  1. Meningkatkan citra perusahaan Konsumen mempercayai perusahaan dan menunjukkan loyalitas yang besar untuk mencapai kebutuhannya. Seperti dalam studi tahun 2009 oleh Tang, dia menemukan bahwa hingga 96%, atau sekitar $160 miliar, keuntungan Coca-Cola berasal dari merek dan citra mereknya yang telah bertahan lama.
  2. Menarik investor Reputasi yang baik di masyarakat menarik investor untuk menanamkan modalnya. Mereka percaya karena ketenaran membawa manfaat. Ini juga mempengaruhi bisnis, bisnis bertahan lebih lama dan mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak.
  3. Meningkatkan keuntungan perusahaan Sebuah brand atau perusahaan yang telah mendapat kepercayaan dari masyarakat akan bertahan lebih lama. Bisnis dapat mengembangkan bisnis mereka dan merampingkan pengeluaran yang tidak perlu.

Bagaimana cara menciptakan bisnis yang berkelanjutan?

5 langkah menuju perusahaan yang berkelanjutan! Dipinjam dari Gobiz, ada lima cara untuk membangun bisnis yang berkelanjutan. sesuatu? berikut penjelasannya!

  1. Latar belakang dan tujuan bisnis yang jelas Latar belakang dan tujuan adalah hal mendasar yang dibutuhkan seseorang sebelum memulai bisnis. Pertama, menganalisis seberapa penting bagi perusahaan untuk memberikan dampak bagi masyarakat sekitar. Selain itu, berfungsi untuk merencanakan strategi mana yang akan digunakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan juga untuk meminimalkan risiko yang akan datang. Biasanya background berasal dari lingkungan sekitar kita. Misalnya, banyak sampah plastik komersial pasca konsumen yang saat ini menumpuk di tempat pembuangan akhir (TPA). Tujuannya untuk mengurangi jumlah sampah plastik di sekitar kita akibat masalah tersebut.
  2. Strategi atau rencana produk Kembangkan strategi atau rencana produk yang terperinci. Saat menentukan strategi, ingatlah untuk memperhatikan pengelolaan berkelanjutan. Tentu saja, kita dihadapkan pada pilihan yang berbeda dalam hal prosedur. Dari pengembangan pemasaran dan penjualan hingga strategi manufaktur pengembangan berkelanjutan. Pilih bahan baku yang meminimalkan limbah setelah digunakan. Tanyakan tentang beberapa opsi mentah untuk mendapatkan kualitas terbaik.
  3. Gunakan tren terkini Cari tahu apa yang dibutuhkan dan diminati masyarakat saat ini. Memahami tren berarti produk dievaluasi sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pasar saat ini. Mengutip dari Fimela (2022), menurut penelitian IDN Research Institute, 66% generasi Z Indonesia rela mengeluarkan uang untuk membeli produk yang berkelanjutan, 70% di antaranya merasa bertanggung jawab atas perubahan iklim saat ini. Merek kecantikan “Garnier” menciptakan produk yang meminimalkan dampak lingkungan, misalnya dengan menggunakan formula bahan aktif alami yang kaya mineral dan bahan vegan bersertifikat.
  4. Beradaptasi dengan cepat dan cerdas untuk melihat peluang untuk melihat tren yang sering berubah. Adaptasi cepat dan membaca cerdas diperlukan oleh pemilik bisnis kami. Kustomisasi memfasilitasi kelangsungan hidup perusahaan kami dan kemampuan untuk bersaing dengan pesaing perusahaan lain.
  5. Strategi Social Media Marketing Bisa dibilang media sosial adalah alat periklanan nomor satu saat ini. Pemanfaatan social media yang optimal menjadikan produk kami dikenal khalayak luas. Kami juga dapat bekerja dengan influencer yang sesuai dengan merek kami. Selain itu, kami dapat menempatkan produk kami di platform jual beli online sehingga orang dapat dengan mudah membeli produk bermerek kami

Kesimpulan

Sustainability dalam perusahaan tidak hanya membawa manfaat dari segi finansial, tetapi juga dalam arti yang lebih luas. Itulah mengapa penting untuk menerapkan konsep pembangunan Sustainability dalam bisnis! Sehingga bertahan lama, menguntungkan dan berdampak positif bagi lingkungan.

Alamat MK Training

PT Multi Kompetensi Solusi Bisnis (MK Academy)

Gedung Graha Pool, Jl Merdeka No 110 Kota Bogor
Whatsapp/HP 0813-1517-8523 | Telp 0251 8570150
Email : info@mktraining.co.id | info@mkacademy.id

Social Media : IG @mkacademy.id | FB hidayatMKacademy | Tiktok @mkacademy22

Apa saja yang ada di MK Training?

Judul / Topik Training diantaranya : Diklat & Ujikom Sertiifkasi BNSP ISO 45001, ISO 9001 2015, ISO 14001 2015,ISO 17025, TISO 22000, ISO 31000, ISO 27000, Perkebunan Sawit, Industri sawit, Pabrik Kelapa sawit, Pabrik Refinery Produk Sawit, Pabrik Oleochemical, Pengelolaan Hutan Lestari, Industri Hasil Hutan, RSPO, ISPO, SCCS, ISCC, SFM FSC, SFM PEFC, PHPL, COC FSC, COC PEFC, SVLK ,pengelolaan pabrik, PPIC, Pengendalian Dokumen, Manajemen hutan, Quality & Productivity, 5R/5S, Penyusunan SOP, adminstrasi perkantoran, SMK 3 PP 50 2012, OHSAS 18001, , Manajemen Laboratorium/ISO 17025, Manajemen Lingkungan Hidup, Pengelolaan Limbah, B3,UKL UPL, Amdal,CoC FSC, CoC PEFC,SFM FSC, SFM PEFC, Keselamatan Mengemudi/safety driving dll dan lain lain sesuai dengan kebutuhan Pelanggan.

Leave a Comment

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?