Menjaga Fokus Dan Konsentrasi Bekerja Saat Berpuasa

Selama puasa anda tidak bisa makan atau minum apa pun selama sekitar 13 jam. Selama ini tubuh terasa lemas karena tidak bisa makan selama berjam-jam setelah sahur, untuk mengubah pola makan saat berpuasa tubuh juga perlu beradaptasi. Kita sering mengantuk meskipun sedang berpuasa, yang dapat mempengaruhi kemampuan berkonsentrasi di tempat kerja, kekurangan karbohidrat antara sahur dan berbuka membuat tubuh lebih rentan kehilangan energi dan lemas di siang hari. Hal ini tentunya sangat mengganggu konsentrasi dan konsentrasi kita dalam bekerja dan beraktivitas sehari-hari, apa yang bisa kita lakukan untuk tetap produktif dan fokus saat berpuasa selama bulan Ramadhan saat berpuasa? Simak beberapa tips yang dirangkum oleh berikut ini.

1. Buat Daftar Kegiatan Yang Harus Dilakukan Setelah Sahur.

Periksa email dan mulailah merencanakan aktivitas anda setelah sahur atau shalat subuh, sangat penting untuk memiliki jadwal harian agar tidak membuang waktu yang kita miliki. Tulis daftar tugas yang terperinci dalam jurnal atau catatan anda. Anda juga dapat menggunakan Google Kalender untuk memberi tahu anda tentang aktivitas yang perlu aAnda lakukan setiap hari.

2. Dahulukan Pekerjaan Penting Pada Siang Hari.

Biasakan pekerjaan penting segera anda kerjakan di pagi hari saat energi dan pikiran anda masih segar. Karena sebelum jam 1 siang, cadangan energi dalam tubuh biasanya cukup untuk lebih fokus dan optimal.

3. Lakukan Latihan Sederhana Duduk di Layar Monitor.

untuk waktu yang lama kita berada di depan laptop/pc dan kegiatan tersebut dapat menyebabkan ketegangan mata. Oleh karena itu, lakukan peregangan atau peregangan untuk mengendurkan otot dan persendian yang kaku. Saat kantuk mulai, lakukan power walk setidaknya selama 10 menit untuk mengembalikan konsentrasi dan fungsi otak.

4 Luangkan Waktu Untuk Tidur.

Anda dapat menggunakan waktu istirahat tersebut untuk tidur siang singkat (power nap) selama 1530 menit. Tidur siang sebentar membantu mengembalikan semangat dan antusiasme untuk menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, waktu senggang saat istirahat dapat digunakan untuk beribadah dan membaca Al Quran.

5. Pantau Asupan Makanan Antara Buka Puasa dan Sahur Saat berpuasa.

Kita disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa memberikan dampak besar bagi kehidupan kita di siang hari. Oleh karena itu, disarankan untuk makan banyak karbohidrat dan makan makanan sehat seperti ikan, daging, sayuran, buah-buahan dan susu untuk menghindari perlambatan di siang hari. Nah, Anda bisa mencoba tips ini agar tetap produktif di tempat kerja saat puasa.

Leave a Comment

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?