Konsep Based Lean Manufacturing (Kaizen)

Kaizen Based Lean Manufacturing – Kaizen (改善) merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang bermakna “perbaikan berkesinambungan”. Filsafat kaizen berpandangan bahwa hidup kita hendaknya fokus pada upaya perbaikan terus-menerus. Pada penerapannya dalam perusahaan, kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah.

Lean manufacturing adalah metodologi yang berfokus pada meminimalkan pemborosan dalam sistem manufaktur sekaligus memaksimalkan produktivitas. Sampah dipandang sebagai segala sesuatu yang pelanggan tidak yakin akan menambah nilai dan tidak bersedia membayarnya. Beberapa manfaat dari lean manufacturing dapat mencakup pengurangan waktu tunggu, pengurangan biaya operasional, dan peningkatan kualitas produk.

Lean manufacturing, juga dikenal sebagai lean manufacturing, atau lean, adalah praktik yang dapat diterapkan oleh organisasi dari berbagai bidang.

Adapun Konsep dan proses penting lainnya yang diandalkan oleh lean meliputi:

  • Heijunka: Merupakan konsep pengendalian pemerataan produksi yang menjadi salah satu pilar utama dalam filosofi lean manufacturing. Secara harfiah, “Heijunka” dapat diartikan sebagai “mengatur produksi secara merata” atau “pemerataan produksi.
  • 5S: Serangkaian praktik penataan ruang kerja untuk menciptakan area yang efisien, efektif, dan aman bagi pekerja serta mencegah terbuangnya tenaga dan waktu.
  • Kanban : suatu sistem yang bersifat visual yang akan membuat tim menjadi lebih mudah dalam melakukan komunikasi pekerjaan mana yang harus dilakukan dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pekerjaan tersebut.
  • Jidoka: prinsip yang diterapkan dalam lean manufacturing di mana mesin secara otomatis berhenti bekerja setelah mendeteksi kondisi abnormal dan operator mencoba memperbaiki cacat tersebut untuk mencegah terulangnya masalah tersebut. 
  • Andon: Alat bantu visual, seperti lampu berkedip, yang mengingatkan pekerja akan suatu masalah.
  • Poka-yoke : Mekanisme yang melindungi terhadap kesalahan manusia, seperti lampu indikator yang menyala jika ada langkah penting yang terlewat, tanda yang diberikan ketika baut dikencangkan beberapa kali atau sistem yang menghalangi langkah berikutnya sampai semua langkah sebelumnya telah selesai.
  • Waktu siklus: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu bagian atau menyelesaikan suatu proses.

Alamat MK Academy

Gedung Graha Pool, Jl Merdeka No 110 Kota Bogor
Whatsapp/HP 0813-1517-8523 | Telp 0251 8570150
Email : info@mktraining.co.id | info@mkacademy.id

Social Media : IG @mkacademy.id | FB hidayatMKacademy | Tiktok @mkacademy22

Apa saja yang ada di MK Academy?

Judul / Topik Training diantaranya : Diklat & Ujikom Sertiifkasi BNSP ISO 45001, ISO 9001 2015, ISO 14001 2015,ISO 17025, TISO 22000, ISO 31000, ISO 27000, Perkebunan Sawit, Industri sawit, Pabrik Kelapa sawit, Pabrik Refinery Produk Sawit, Pabrik Oleochemical, Pengelolaan Hutan Lestari, Industri Hasil Hutan, RSPO, ISPO, SCCS, ISCC, SFM FSC, SFM PEFC, PHPL, COC FSC, COC PEFC, SVLK ,pengelolaan pabrik, PPIC, Pengendalian Dokumen, Manajemen hutan, Quality & Productivity, 5R/5S, Penyusunan SOP, adminstrasi perkantoran, SMK 3 PP 50 2012, OHSAS 18001, , Manajemen Laboratorium/ISO 17025, Manajemen Lingkungan Hidup, Pengelolaan Limbah, B3,UKL UPL, Amdal,CoC FSC, CoC PEFC,SFM FSC, SFM PEFC, Keselamatan Mengemudi/safety driving dll dan lain lain sesuai dengan kebutuhan Pelanggan.

Leave a Comment

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?