10 Keuntungan Menggunakan HACCP

keuntungan menggunakan haccp

10 Keuntungan Menggunakan HACCP

Banyak sekali keuntungan atau manfaat yang diperoleh dengan penerapan Sistem HACCP pada industri pangan. Beberapa contoh manfaat atau keuntungan menggunakan HACCP tersebut diantaranya adalah:

1. Pendekatan keamanan pangan secara sistematik 

keuntungan menggunakan HACCP salah satunya adalah keamanan pangan tidak lagi didasarkan hanya pada hasil pemeriksaan dan pengujian, tetapi telah dirancang sejak awal dan mecakup seluruh aspek.

2. Merupakan sistem manajemen pencegahan secara proaktif

Tindakan pencegahan dilakukan sebelum terjadinya kasus, sehingga munculnya masalah mutu keamanan pangan dapat dihindari (minimum). Jika perusahaan bersifat reaktif, maka seringkali kasus keamanan pangan baru ditindaklanjuti setelah ada keluhan dari konsumen. Hal ini yang dapat menghancurkan perusahaan.

3. Melengkapi dan memperkuat Quality Management System (QMS)

Jika suatu perusahaan telah menerapkan suatu sistem manajemen mutu, maka HACCP akan melengkapi dan memperkuat sistem tersebut. Terutama yang mengarah pada mutu keamanan produk.

4. Dapat diintegrasikan dengan QMS

QMS bersifat umum, artinya mencakup semua parameter mutu (misalnya keluhan pelanggan, efisiensi biaya dan sumber daya, keseragaman produk, dan sebagainya). Sedangkan HACCP lebih pada keamanan, sehingga HACCP dapat diintegrasikan pada QMS yang telah diterapkan oleh perusahaan.

5. Merupakan pendekatan yang sudah dikenal secara internasional

HACCP telah dikenal di seluruh dunia, karena itu jika suatu industri pangan telah mengadopsi dan menerapkannya, maka sertifikat HACCP akan diakui secara internasional. Pada akhirnya proses pemasaran produk ke luar negeri (ekspor) akan lebih mudah.

6. Mengurangi penolakan produk sehingga mampu mengurangi biaya

Penolakan produk pangan (terutama ekspor) sekitar 80% diantaranya karena masalah kemanan pangan. Jika HACCP telah berhasil, maka masalah ini dapat dikurangi (bahkan dihilangkan) sehingga penolakan produk dapat dihindari. Keuntungan dan reputasi perusahaan akan meningkat.

7. Meningkatkan kepuasan konsumen

“Satu pelanggan yang puas akan membawa satu teman yang baru, tetapi pelanggan yang kecewa akan membawa 10 kawan yang lama”. Prinsip ini hendaknya dijadikan pedoman dalam upaya untuk terus meningkatkan kepuasan konsumen. Perlu waktu yang lama untuk membuat konsumen menjadi pelanggan. Dengan penerapan HACCP, maka produk pangan yang dihasilkan oleh perusahaan akan terjamin keamanannya dan mampu mengikat pelanggan supaya tidak lari ke produk perusahaan lain.

8. Memperbaiki pemahaman dan motivasi kerja tim

Pandangan lama tentang karyawan adalah menganggap karyawan sebagai “alat produksi” yang tidak berbeda jauh dengan mesin dan peralatan. Pandangan yang lebih baru adalah menganggap karywan sebagai “manusia” yang memiliki kemampuan dan potensi tidak terbatas, serta mempunyai keinginan dan cita-cita. Jika penerapan HACCP diikuti dengan prinsip “memanusiakan” karyawan, maka karyawan di perusahaan tersebut akan meningkat motivasi kerja dan keahliannya.

9. Merupakan alat yang digunakan untuk manajemen risiko

Dengan HACCP semua risiko tersebut telah diperhitungkan dan dikelola sehingga diharapkan akan tercapai biaya atau risiko kegagalan yang paling optimal sehingga keuntungan menggunakan HACCP dapat rasakan.

10. Proteksi terhadap merek

Pada saat ini persaingan industri pada produk pangan yang sejenis sangat ketat. Ketika semua parameter yang menjadi pertimbangan konsumen (harga, kuantitas, kemasan, delivery) relatif sama, maka produk yang telah menerapkan dan memperoleh sertifikat HACCP akan memiliki nilai lebih dibandingkan dengan produk saingan yang tidak menerapkan HACCP sehingga pada akhirnya lebih dapat diterima oleh konsumen. Kalau konsumen sudah yakin dengan jaminan mutu keamanan suatu merek produk pangan, maka kemungkinan untuk berganti merek sangatlah kecil. Produk dengan merek tersebut akan relatif terlindungi dari serangan produk saingan.

itulah 10 keuntungan menggunakan HACCP, jika kalian ingin menerapkan sistem HACCP, yuk ikuti pelatihan pemahaman persyaratan HACCP di Multikompetensi atau MK Training dan dapatkan harga terjangkau di bulan ini, dan dapatkan ilmu yang bermanfaat dengan trainer yang sudah berpengalaman di bidangnya menjadikan kalian lebih paham lagi mengenai sistem HACCP dan keuntungan menggunakan HACCP.

 

Sumber : Buku Sistem Jaminan Mutu Industri Pangan

 

 

Informasi Lebih Lanjut seputar Pelatihan, Kursus Vokasi dan Konsultasi

Leave a Comment

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?