Prinsip manajemen mutu dapat diterapkan oleh manajemen puncak (top management) dalam rangka memimpin organisasi menuju kepada peningkatan kinerja. Prinsip manajemen mutu menjadi landasan terhadap standar-standar sistem manajemen mutu dalam keluarga ISO 9001.
7 prinsip tersebut adalah:
1 : Customer Focus
Fokus utama dari manajemen mutu adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan berusaha melebihi harapan pelanggan.
2 : Leadership
Pemimpin di semua tingkatan menetapkan kesatuan tujuan dan arah dan menciptakan kondisi di mana orang yang terlibat dalam mencapai sasaran mutu organisasi.
3 : Engagement of People
Penting untuk organisasi mempunyai semua orang yang berkompeten, diberdayakan dan terlibat dalam memberikan nilai.
4 : Process Approach
Hasil yang konsisten dan dapat diprediksi tercapai lebih efektif dan efisien bila kegiatan dipahami dan dikelola sebagai proses yang saling terkait yang berfungsi sebagai sistem yang koheren.
5 : Improvement
Organisasi yang sukses memiliki fokus yang berkelanjutan pada perbaikan.
6 : Evidence Based Decision Making
Keputusan berdasarkan analisis dan evaluasi data dan informasi adalah lebih baik untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.
7 : Relation Management
Untuk mempertahankan keberhasilan, organisasi mengelola hubungan mereka dengan pihak yang berkepentingan.
Sumber : http://umm.tp.ugm.ac.id/
PT Multi Kompetensi Solusi Bisnis (MK Academy)
Gedung Graha Pool, Jl Merdeka No 110 Kota Bogor
Whatsapp/HP 0813-1517-8523 | Telp 0251 8570150
Email : info@mktraining.co.id | info@mkacademy.id
Social Media : IG @mkacademy.id | FB hidayatMKacademy | Tiktok @mkacademy22