7 Prinsip ISO 9001

Prinsip manajemen mutu dapat diterapkan oleh manajemen puncak (top management) dalam rangka memimpin organisasi menuju kepada peningkatan kinerja. Prinsip manajemen mutu menjadi landasan terhadap standar-standar sistem manajemen mutu dalam keluarga ISO 9001.

7 prinsip tersebut adalah:

 1 : Customer Focus

Fokus utama dari manajemen mutu adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan berusaha melebihi harapan pelanggan.

2 : Leadership

Pemimpin di semua tingkatan menetapkan kesatuan tujuan dan arah dan menciptakan kondisi di mana orang yang terlibat dalam mencapai sasaran mutu organisasi.

3 : Engagement of People

Penting untuk organisasi mempunyai semua orang yang berkompeten, diberdayakan dan terlibat dalam memberikan nilai.

4 : Process Approach

Hasil yang konsisten dan dapat diprediksi tercapai lebih efektif dan efisien bila kegiatan dipahami dan dikelola sebagai proses yang saling terkait yang berfungsi sebagai sistem yang koheren.

5 : Improvement

Organisasi yang sukses memiliki fokus yang berkelanjutan pada perbaikan.

6 : Evidence Based Decision Making

Keputusan berdasarkan analisis dan evaluasi data dan informasi adalah lebih baik untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.

7 : Relation Management

Untuk mempertahankan keberhasilan, organisasi mengelola hubungan mereka dengan pihak yang berkepentingan.

 

Sumber : http://umm.tp.ugm.ac.id/

 

PT Multi Kompetensi Solusi Bisnis (MK Academy)

Gedung Graha Pool, Jl Merdeka No 110 Kota Bogor
Whatsapp/HP 0813-1517-8523 | Telp 0251 8570150
Email : info@mktraining.co.id | info@mkacademy.id

Social Media : IG @mkacademy.id | FB hidayatMKacademy | Tiktok @mkacademy22

Leave a Comment

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?