Pengertian AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)

Pengertian AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)

pengertian amdal

Pengertian AMDAL adalah singkatan dari “Analisis Dampak Lingkungan”. AMDAL adalah suatu proses studi formal yang digunakan untuk memperkirakan dampak terhadap lingkungan oleh rencana kegiatan proyek yang bertujuan memastikan adanya masalah dampak lingkungan yang perlu dianalisis pada tahap awal perencanaan dan perancangan proyek sebagai bahan pertimbangan pembuat keputusan.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, peraturan pemerintah nomor 27 tahun 1999 tentang Analisi Mengenai Dampak Lingkungan Hidup, dan peraturan peraturan menteri negara lingkungan hidup nomor 11 tahun 2006 tentang jenis usaha dan/atau kegiatan yang wajib dilengkapi dengan analisis mengenai dampak lingkungan hidup (AMDAL) serta dilandasi oleh keputusan menteri negara lingkungan hidup nomor tahun 2006 tentang pedoman penyusunan dokumen analisis dampak lingkungan hidup

Dokumen Amdal memuat pengkajian mengenai dampak rencana usaha dan kegiatan perkebunan kelapa sawit, evaluasi kegiatan di sekitar lokasi perkebunan kelapa sawit, saran masukan serta tanggapan masyarakat terhadap rencana pembangunan perkebunan kelapa sawit, prakiran terhadap rencana pembangunan besaran dampak serta sifat penting dampak yang terjadi jika perkebunan kelapa sawit tersebut dilaksanakan, evaluasi terhadap dampak yang terjadi untuk menentukan kelayakan atau ketidaklayakan lingkungan hidup dan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.

Apa Itu Dokumen AMDAL

Selain Pengertian AMDAL Berikut adalah pengertian dokumen AMDAL :

Dokumen AMDAL adalah suatu dokumen penting yang sangat berkaitan dengan kegiatan pembangunan perkebunan kelapa sawit yang diperkirakan mempunyai dampak penting lingkungan dan karenanya penyusunan dokumen tersebut dapat diserahkan kepada pihak Konsultan Lingkungan yang ahli dibidangnya.

Sedang perusahaan sebagai pemrakarsa akan menanggung semua biaya penyusunan dokumen tersebut. Persetujuan dokumen AMDAL ditandatangani oleh Kepala Daerah setempat.

Langkah-langkah kegiatan pembangunan fisik dilahan Rencana Usaha atau kegiatan pembangunan perkebunan tidak dibenarkan untuk dilakukan kegiatan usaha sebelum diterbitkannya keputusan kelayakan lingkungan berdasarkan hasil Analisis Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL).

Mengapa Diperlukan AMDAL

Selain pengertian AMDAL kalian juga harus tahu Kenapa diperlukan AMDAL, yaitu untuk diperlukannya suatu studi kelayakan dikarenakan tercantum didalam undang-undang dan juga peraturan pemerintah serta untuk menjaga lingkungan dari suatu operasi proyek kegiatan industri atau juga kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan. AMDAL memiliki beberapa komponen, diantaranya adalah,

  • PIL (Penyajian informasi lingkungan),
  • KA (Kerangka Acuan),
  • ANDAL (Analisis dampak lingkungan),
  • RPL ( Rencana pemantauan lingkungan),
  • RKL (Rencana pengelolaan lingkungan)

Tujuan AMDAL

Sesudah kalian mengerti pengertian AMDAL Berikut ini Tujuan AMDAL adalah melakukan penjagaan rencana usaha atau kegiatan sehingga tidak memberikan dampak buruk bagi lingkungan.

untuk lebih memahami mengenai pengertian AMDAL dan Dokumen AMDAL yuk segera ikuti pelatihannya di MK Training, ada banyak pelatihan yang temen-temen bisa ikuti

Sumber : Buku Cara Cerdas Mengelola Kelapa Sawit

 

 

Informasi Lebih Lanjut seputar Pelatihan, Kursus Vokasi dan Konsultasi

Leave a Comment

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?