tips siap kerja

6 Tips Siap Kerja Dengan Etika Prima

tips siap kerja

6 Tips Siap Kerja Dengan Etika Prima

Bagi anda yang baru lulus kuliah dan sudah mendapatkan pekerjaan, berikut adalah tips praktis untuk siap kerja. Tips ini disusun agar anda dapat memiliki persepsi, sikap, dan etos kerja yang tangguh di tempat kerja dan juga agar anda dapat memiliki kinerja kerja yang baik dengan beretika atau sopan santun kerja yang prima atau utama.

1. Berusaha selalu tepat waktu

Tepat waktu melambangkan disiplin pribadi, dan taat aturan. Berusahalah untuk selalu hadir tepat waktu memenuhi undangan, tepat waktu memenuhi target, mengumpulkan pekerjaan, dan tepat waktu menyelesaikannya tugas yang diberikan.

Hadir tepat waktu menjadi hal yang sangat penting dan jangan di sepelekan. Sekali anda melanggar, anda akan terbiasa mengulur-ngulur waktu dan ujung-ujungnya membuat anda jadi sering menunda pekerjaan. Bila rasa malas atau bosan atau jenuh mulai menghantui, ingatlah bahwa setiap bulan anda akan menerima gaji. Bayangkan bila gaji anda telat beberapa hari saja, anda pasti bakal galau dan tidak tenang.

Nah, hal yang sama juga terjadi jika pekerjaan yang sudah diberikan batas waktu selesainya namun tidak anda selesaikan. Tentu kantor akan galau. Bila galaunya kantor dan pimpinan berlanjut, hal ini akan membahayakan karier dan keberlangsungan pekerjaan anda nantinya

2. Berusaha selalu menepati janji

Janji adalah hutang. Janji itu komitmen, terlebih dilingkungan kantor. Sebagai umat beragama, janji juga diatur dengan baik untuk selalu ditepati. Berusahalah menjalankan hal ini, janji apapun di lingkungan kerja. Kuncinya adalah pandai dan sigap dalam mengingat apa yang anda janjikan.

3. Bertindak sopan

Tindak tanduk seseorang mencerminkan jiwa dan pengetahuannya. Jagalah sikap dan penampilan anda, sopan bertindak, sopan berbusana, dan sopan menyampaikan pemikiran dan ide untuk kemajuan perusahaan. Perbanyak teman dan sahabat dekat untuk dapat memberikan penilaian dan masukan, apakah anda sudah cukup sopan di mata mereka.

4. Berbahasa Santun

Santun berbahasa cermin kepribadian luhur. Hal ini perlu dilatih dan terus di evaluasi. Setiap kali hendak berbicara, pikirkanlah topiknya terlebih dahulu, apakah yang akan anda ucapkan itu sesuatu yang baik atau tidak, serta memberi manfaat atau tidak. Setiap berbicara, tuturkan dengan kata yang bersahaja. Dengan berbahasa santun, sikap anda akan lebih tenang dan fokus. Imbangi dengan kesopanan bertindak, tidak terburu-buru dan tidak ceroboh.jaja

5. Jangan menjadi sumber bau

Pastikan meja dan tempat duduk anda bersih dari makanan dan remah-remah. Hal ini mas sudah dijelaskan dalam aturan kantor yang melarang karyawannya makan dan minum di lokasi kerja. Namun, tak semua kantor menerapkan aturan ini. Secara umum, karyawan masih diperbolehkan makan dan minum di meja kerja, asalkan tidak meninggalkan remah-remah sisa makanan atau bahkan sisa makanan lama yang nantinya akan menimbulkan bau. Selain nantinya akan muncul tikus atau serangga, bau di tempat kerja akan mengganggu anda dan teman-teman kerja di sekitar.

6. Tambah keterampilan baru

Dunia berubah dengan cepat. Kurang dari 10 tahun yang lalu, mesin tik masih mendominasi beberapa kantor, terutama kantor pemerintah. Coba lihat sekarang, semua kantor sudah dilengkapi dengan komputer. Artinya, para pegawai yang selama ini terbiasa mengetik dengan mesin tik, harus belajar mengetik dengan komputer. Jelilah dalam melihat peluang di kantor anda. Ketika ada hal-hal baru yang akan di implementasikan oleh perusahaan, tak ada salahnya anda ikut mempelajari hal tersebut, misal penggunaan mesin baru yang lebih canggih, sistem absensi yang di buat online, dan lainnya.

Itulah 6 tips siap kerja dengan etika prima, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian yang akan memasuki dunia kerja supaya bisa maksimal pada saat bekerja nanti. Buat kalian yang ingin memperoleh pengetahuan dengan cara mengikuti pelatihan silahkan untuk cek jadwal pelatihan di MK Training dan Multikompetensi, disitu akan banyak pelatihan untuk membuat anda siap memasuki dunia kerja dengan bekal yang sudah ada.

Sumber : Buku Kerja di Jaman Now

Oleh Nina Kurnia Dewi, S.T.P., M.B.A

Tinggalkan komentar

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?