tipe perilaku pelanggan

4 tipe perilaku pelanggan

tipe perilaku pelanggan

Apa itu tipe perilaku pelanggan?

Tipe perilaku pelanggan – konsumen (consumer) adalah individu atau organisasi yang membayar sejumlah uang untuk mengkonsumsi barang dan jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan atau produsen. Konsumen dapat juga kita artikan sebagai pengguna akhir barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Konsumen diartikan sebagai pemakai barang hasil produksi (bahan pakaian, makanan dan sebagainya) atau pemakai jasa (pelanggan dan sebagainya).

Konsumen memainkan peran yang sangat penting dalam permintaan dan rantai pasokan pada sistem ekonomi setiap negara. Produsen barang dan jasa tidak akan memiliki motif atau dorong untuk melakukan aktivitas produksi apabila tidak ada permintaan untuk produk dan jasanya.

Sedangkan yang dimaksud dengan Perilaku Konsumen atau Consumer Behaviour adalah kegiatan atau proses yang berhubungan dengan bagaimana dan mengapa pelanggan memilih, membeli dan menggunakan suatu produk atau layanan demi untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Perilaku konsumen ini sangat penting dalam manajemen pemasaran karena dapat membantu pemasar untuk memahami apa yang mendasari pelanggannya untuk memilih dan menggunakan produknya ataupun mengapa pelanggan memilih produk pesaing lain daripada produknya.

4 tipe perilaku pelanggan

1. Dominance

Pelanggan tipe D cenderung memiliki percaya diri tinggi, menuntut segala sesuatu cepat, sangat suka memegang kendali akan sesuatu/keputusan, tegas, ingin selalu menang, berbicara apa adanya dan langsung, apabila dia tidak puas akan sesuatu maka dia akan pergi atau mengambil alih.

2. Influencing

Pelanggan tipe I sangat baik dalam menggunakan intonasi dan Bahasa tubuh saat berkomunikasi, antusias dan kreatif memunculkan berbagi ide, suka menjadi pusat perhatian dan sanjungan, kenal dengan banyak orang, optimis serta moody.

3. Steadiness

Pelanggan tipe s tidak menyukai konflik, dia akan dengan mudah menyetujui apa yang anda katakan, tidak begitu suka menjadi pusat perhatian, pendengar yang baik, cenderung membantu anda memudahkan proses pelayanan, agak sulit dalam mengambil keputusan.

4. Compliance

Pelanggan tipe c menuntut kesempurnaan dan akurasi yang amat sangat, handal dalam mencari korelasi sebab akibat berbagai kejadian secara logis, berbicara menggunakan data akurat, tidak begitu menyukai keramaian. Besar kemungkinan perilaku yang saya amati dari seorang pelanggan merupakan gabungan dari D, I, S, atau C.

itulah 4 tipe perilaku customers yang harus kalian tahu, untuk lebih paham mengenai perilaku customer kalian bisa mengikuti poelatihan di MK Training dan Multikompetensi mengenai pelatihan services of excellent, yuk cek jadwalnya.

Tinggalkan komentar

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?