Prinsip Dasar Audit Lingkungan

Prinsip Dasar Audit Lingkungan

Prinsip Dasar Audit Lingkungan

 

Prinsip Dasar Audit Lingkungan

1. Karakteristik Audit Lingkungan

Audit Lingkungan memiliki karakteristik yang sangat penting dalam pengelolaan lingkungan dalam lingkungan site proyek tetapi juga untuk lingkungan diluarnya yang masih terpengaruh oleh kegiatan usaha yang diaudit. Beberapa sifat dari audit yang penting adalah:

a. Audit lingkungan mempergunakan metodologi yang komprehensif.

b. Audit Lingkungan menggunakan konsep pembuktian dan pengujian.

c. Audit lingkungan menggunakan pengukuran dengan prosedur yang standar.

d. Audit lingkungan merupakan dokumen tertulis sehingga pihak manapun dapat melakukan check and recheck.

2. Kunci Keberhasilan Audit Lingkungan

Audit lingkungan dapat disusun dengan baik bila ada:

a. Dukungan pihak pimpinan. Apabila pimpinan perusahaan memiliki kesadaran yang tinggi terhadap lingkungan maka dokumen audit dapat terwujud dengan sempurna.

b. Apabila ada partisipasi dari banyak pihak maka dokumen ini akan sempurna dan lebih valid.

c. Kemandirian dan obyektifitas auditor. Auditor yang baik akan melaksanakan kegiatan ini secara profesional. Auditor yang baik biasanya telah memiliki pengalaman untuk melaksanakan audit atau menyusun AMDAL. Auditor yang telah menyusun audit atau pemantauan lingkungan beberapa kali dan diseyogyakan yang memili pengalaman dan menyusun amdal, anggota tim auditor harus bersertifikasi Auditor atau sertifikat AMDAL A dan atau B. Meskipun dana pelaksanaan audit dari perusahaan yang diaudit, auditor harus bersifat independent dan obyektif. Argumentasi tim auditor harus dapat diterima oleh kegiatan usaha yang diaudit. Penemuan yang benar pada hakekatnya untuk kepentingan kegiatan perusahaan tersebut.

d. Kesepakatan tentang tata laksana dan lingkup yang diaudit. Antara auditor dan perusahaan harus ada kata sepakat tentang proses, prosedur, administrasi, dan pendanaan, Hal ini berkaitan dengan lingkup kegiatan, komponen lingkungan, aspek yang diaudit.

Sumber : Buku Audit Lingkungan

Penerbit : Gadjah Mada University Press

Tinggalkan komentar

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?