pengertian rspo

Pengertian RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil)

pengertian rspo

Apa itu pengertian RSPO?

Pengertian RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) adalah inisiatif global multistakeholder terhadap minyak sawit berkelanjutan. Anggota RSPO dan peserta aktivitasnya berasal dari beragam latar belakang, termasuk perusahaan perkebunan, produsen, dan pengecer produk minyak sawit, LSM lingkungan dan LSM sosial serta banyak negara yang memproduksi atau menggunakan produk minyak sawit. Tujuan utama RSPO adalah “untuk mempromosikan pertumbuhan dan penggunaan minyak sawit berkelanjutan melalui kerja sama di dalam rantai suplai dan dialog
terbuka antara para pemangku kepentingannya”.

Metode yang digunakan RSPO untuk mencapai tujuannya termasuk:

  • Pengembangan standar produksi minyak sawit berkelanjutan dan mekanisme yang berhubungan untuk verifikasi produksi minyak sawit yang berkelanjutan. Standar RSPO untuk Produksi Minyak Sawit Berkelanjutan yang disetujui pada Oktober 2007 dipresentasikan sebagai serangkaian Dasar, Kriteria, Indikator dan Pedoman, dan dirancang hanya untuk digunakan oleh produsen minyak sawit untuk menerapkan praktik produksi berkelanjutan, dan oleh badan sertifikasi untuk verifikasi lapangan.
  • Pengembangan Standar Rantai Suplai RSPO, yang menjelaskan persyaratan yang berhubungan dengan pengendalian sawit bersertifikasi RSPO, turunan sawit, dan produk sawit sepanjang rantai suplai, termasuk aliran bahan dan klaim yang berhubungan. Standar Rantai Suplai RSPO dipresentasikan sebagai serangkaian persyaratan yang dapat diaudit dan dirancang untuk digunakan oleh organisasi dalam rantai nilai sawit untuk
    mendemontrasikan sistem yang diterapkan untuk pengontrolan produk minyak sawit bersertifikasi RSPO. Pemroses atau pengguna hilir produk minyak sawit berkelanjutan bersertifikasi RSPO dapat mengklaim penggunaan (atau dukungan) produk minyak sawit bersertifikasi RSPO ketika mematuhi persyaratan Standar Rantai Suplai RSPO dan hal ini diverifikasi secara independen oleh badan sertifikasi yang disetujui dan diakreditasi oleh RSPO. Untuk gambaran skematis rantai suplai minyak sawit, lihat Lampiran 1 dokumen ini.

Tujuan dari dokumen ini adalah:

  • Untuk menetapkan persyaratan minimal metodologi yang konsisten untuk memungkinkan sertifikasi sesuai maksud dan persyaratan Standar Rantai Suplai RSPO untuk memungkinkan semua badan sertifikasi beroperasi dengan konsisten dan terkontrol.
  • Untuk menyediakan dokumentasi yang dirancang untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang dan kekonsistenan pemberian sertifikasi sesuai persyaratan standar rantai suplai RSPO.
  • Untuk memastikan bahwa klaim RSPO berhubungan dengan produksi, pengadaan, dan penggunaan produk minyak sawit RSPO adalah benar.

Dokumen ini serupa dengan Sistem sertifikasi RSPO (Juni 2007), yang mendefinisikan sistem sertifikasi untuk penilaian kepatuhan terhadap Dasar-Dasar dan Kriteria RSPO.

Dokumen ini akan ditinjau kembali dalam satu tahun setelah tanggal implementasi dan setelah itu dengan interval yang tidak lebih dari lima tahun sekali.

Semoga artikel pengertian RSPO ini bisa bermanfaat buat kalian untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai pengertian RSPO, untuk kalian yang ingin lebih tahu lagi mengenai pengertian RSPO dan penjelasannya silahkan untuk ikuti pelatihan di MK Training dan silahkan cek jadwalnya disini.

 

Sumber : www.rspo.org

Tinggalkan komentar

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?