pengertian amdal

Pengertian AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)

pengertian amdal

AMDAL

Kegiatan pembangunan pada dasarnya akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan baik positif maupun negatif.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, peraturan pemerintah nomor 27 tahun 1999 tentang Analisi Mengenai Dampak Lingkungan Hidup, dan peraturan peraturan menteri negara lingkungan hidup nomor 11 tahun 2006 tentang jenis usaha dan/atau kegiatan yang wajib dilengkapi dengan analisis mengenai dampak lingkungan hidup (AMDAL) serta dilandasi oleh keputusan menteri negara lingkungan hidup nomor tahun 2006 tentang pedoman penyusunan dokumen analisis dampak lingkungan hidup, maka kegiatan perkebunan dan PKS wajib dilengkapi dengan dokumen AMDAL, agar dampak positifnya dapat ditingkatkan dan dampak negatifnya dapat ditekan sekecil mungkin.

Dokumen Amdal memuat pengkajian mengenai dampak rencana usaha dan kegiatan perkebunan kelapa sawit, evaluasi kegiatan di sekitar lokasi perkebunan kelapa sawit, saran masukan serta tanggapan masyarakat terhadap rencana pembangunan perkebunan kelapa sawit, prakiran terhadap rencana pembangunan besaran dampak serta sifat penting dampak yang terjadi jika perkebunan kelapa sawit tersebut dilaksanakan, evaluasi terhadap dampak yang terjadi untuk menentukan kelayakan atau ketidaklayakan lingkungan hidup dan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.

Dokumen AMDAL adalah suatu dokumen penting yang sangat berkaitan dengan kegiatan pembangunan perkebunan kelapa sawit yang diperkirakan mempunyai dampak penting lingkungan dan karenanya penyusunan dokumen tersebut dapat diserahkan kepada pihak Konsultan Lingkungan yang ahli dibidangnya.

Sedang perusahaan sebagai pemrakarsa akan menanggung semua biaya penyusunan dokumen tersebut. Persetujuan dokumen AMDAL ditandatangani oleh Kepala Daerah setempat.

Langkah-langkah kegiatan pembangunan fisik dilahan Rencana Usaha atau kegiatan pembangunan perkebunan tidak dibenarkan untuk dilakukan kegiatan usaha sebelum diterbitkannya keputusan kelayakan lingkungan berdasarkan hasil Analisis Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL).

 

Sumber : Buku Cara Cerdas Mengelola Kelapa Sawit

Tinggalkan komentar

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?