Bekerja di Masa Pandemi Covid-19

Tips Selamat dan Sehat Saat Bekerja di Masa Pandemi Covid-19

Tips Selamat dan Sehat Saat Bekerja di Masa Pandemi Covid-19

Bekerja di Masa Pandemi Covid-19

Apa itu covid-19 ?

Penyakit virus corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru-baru ini ditemukan. Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus.

Seperti yang kita ketahui, penyakit ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada Desember 2019 ( WHO, 2020 ). Dan menurut keterangan dari presiden Indonesia, covid-19 di Indonesia menyebar pada 2 maret 2020.

Pemerintah Indonesia mengumumkan pertama kali 2 kasus covid-19 di Indonesia,  Gejala dari covid-19 ini yang paling umum adalah demam, kelelahan, batuk kering dan ada beberapa penderita covid-19 ini mengalami gejala diare, hidung tersumbat, pilek, dan sakit pada tenggorokan, dan salah satu yang menjadi masalah pada virus ini beberapa penderita tidak mengalami gejala apapun ( WHO, 2020 ).

Bagaimana covid-19 ini berdampak terhadap dunia kerja ?

Bukan hanya dunia kerja covid-19 ini juga berdampak kepada seluruh lapisan masyarakat didunia, salah satu contohnya adalah indonesia pandemi ini berdampak langsung terhadap masyarakat indonesia misalnya pasar, produksi barang dan jasa, permintaan    ( konsumsi dan investasi ).

Selama covid-19 ini memasuki Indonesia pemerintah melakukan karantina dan gangguan terhadap dunia usaha yang otomatis mengalami kerugian selama covid-19, transportasi ditutup sementara, penutupan sekolah, penutupan tempat pariwisata yang membawa dampak yang serius terhadap dunia kerja ( pengusaha ataupun pekerja ).

Sesuai dengan yang disebutkan oleh ILO pada tahun 2020 karantina memberi dampak yang bersipat mendadak pada pekerja dan perusahaan. Adapun yang kehilangan pekerjaan dimasa pandemi ini adalah penjaga toko, pekerja dapur dll, dimana pekerjaan seperti ini adalah pekerjaan yang rentan kehilangan pekerjaan.

Dikarenakan adanya pandemi covid-19 ini banyak pekerja yang di rumahkan bahkan di PHK ( pemutusan hak kerja ). Pemutusan hubungan kerja merupakan malapetaka bagi jutaan keluarga ( ILO, 2017 ) dan PHK menyebabkan tingkat pengangguran semakin tinggi.

Dengan adanya rencana kesiapsiagaan darurat yang komprehensif ditempat kerja yang telah dirancang untuk mengatasi krisis kesehatan dan epidemi, tempat kerja akan lebih siap mengembangkan tanggapan yang cepat, terkoordinasi dan efektif untuk kesehatan para pekerja ( ILO, 2020 ).

Pemantauan yang dilakukan secara terus menerus terhadap kondisi keselamatan dan kesehatan kerja ( K3) dan melakukan penilaian risiko yang tepat untuk memastikan langkah-langkah pengendalian yang secara khusus dapat disesuaikan dengan perubahan yang ada, kondisi kerja dan karakteristik angkatan kerja selama masa kritis penularan dan setelahnya sehingga kejadian yang sama dapat dicegah,
Adanya ketentuan dalam konvensi No. 155 dan rekomendasi dalam mencegah dan perlindungan untuk mengurangi dampak negatif keselamatan dan kesehatan dari covid-19 didunia kerja yaitu :

Pengusaha diminta untuk memastikan tempat kerja, mesin, peralatan ditempat kerja dalam kondisi aman tanpa risiko kesehatan baik kimia, fisik dan biologis. Pengusaha harus diminta menyediakan APD ( alat pelindung diri )
Pengusaha diminta untuk menyediakan, langkah-langkah untuk menangani keadaan darurat dan kecelakaan pada saat kerja, Pekerja memiliki hak untuk menerima informasi dan pelatihan yang memadai tentang keselamatan dan kesehatan kerja.

Berikut ini Pencegahan dan mitigasi Covid-19 ditempat kerja untuk meminimalisir penyebaran covid-19 ditempat kerja pada saat bekerja di masa pandemi covid 19 ( ILO,2020 ) :

  • Jarak fisik

misalnya pengorganisasian kerja dengan cara panggilan telepon, surat elektronik, rapat virtual untuk meminimalisir penyebaran Covid-19

  • Higienitas

menyediakan disinfektan untuk tangan, mempromosikan budaya cuci tangan dengan sabun, mempromosikan cara bernafas ditempat kerja misalnya batuk menutup mulut dengan siku ataupun tisu;

  • Kebersihan

mempromosikan budaya kebersihan ditempat kerja misalnya membersihkan permukaan meja, gagang pintu dll dengan menggunakan cairan disinfektan
Pelatihan dan komunikasi melatih manajemen, pekerja untuk mengetahui cara pencegahan covid-19 ditempat kerja

  • Alat Pelindung Diri (APD) 

memakai APD adalah salah satu bentuk pencegahan covid-19, contohnya penggunaan masker ditempat kerja dan penggunaan pakaian khusus bagi tenaga kerja Rumah sakit yang sangat rentan terhadap covid-19.

Tips selamat dan sehat bekerja dimasa pandemi covid-19 :

  1. Wajib menggunakan masker;
  2. Hindari sebisa mungkin menyentuh barang ditempat umum;
  3. Jangan lupa untuk selalu membawa handsanitizer;
  4. Cuci tangan sesering mungkin dengan sabun;
  5. Jaga jarak dengan rekan kerja;
  6. Perhatikan asupan makanan dan lakukan aktivitas fisik secara teratur;
  7. Bersihkan semua pakaian setelah pulang kerja.

Semoga tips selamat dan sehat bekerja di masa pandemi covid-19 ini sangat bermanfaat untuk kalian dan bisa menambah pengetahuan supaya bisa lebih disiplin lagi pada saat bekerja di masa pandemi covid 19

Tinggalkan komentar

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?